
Pada 22 januari 1984, Apple menayangkan iklan TV120 detik dalam siaran langsung Super Bowl. Iklannya ada seorang perempuan yang berlari membawa palu godam dan dikejar pasukan tentara, ia berlari melewati kerumunan laki-laki dengan layar raksasa ditengahnya kemudian ia melemparkan palu godam ke layar tersebut dan muncul super seperti diatas.
Iklan tsb begitu aneh dan futuristik pada masanya sehingga menjadi pembicaraan seru dimana-mana, padahal iklan tersebut ditayangkan hanya sekali. Hasilnya computer Macintosh terjual lebih dari 70.000 unit hanya dalam 100 hari.*
Iklan tersebut menjadi top of mind dalam setiap survey audiens, advertising age bahkan menobatkan sebagai 1980’ Commercial of the Decade. Keampuhan WOM marketing atau pemasaran dari mulut ke mulut yang menjadikan si konsumennya sendiri sebagai brand ambassador, ternyata cukup ampuh dalam meningkatkan selling dan brand awarenes. (Kirasave Agung - Big Bang International)
No comments:
Post a Comment